Dari Kami

Selain meyimpan potensi keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona, Sulawesi tengah khususnya wilayah Banggai Kepulauan desa Bone Baru menyimpan salah satu kekayaan dunia yang sangat langka, yakni adanya spesies ikan hias berbentuk pipih dengan warna belang hitam-kuning dan ekornya terbelah dua seperti Burung Walet, spesies ini tidak terdapat di daerah lain di bumi ini selain terdapat Banggai yaitu "Banggai Cardinal Fish" atau juga dikenal dengan nama lokal ikan Capungan Banggai (Pterapogon keuderni). 

Ikan Capungan Banggai (Pterapogon kauderni) merupakan jenis ikan hias air laut Endemik Indonesia yang hanya ditemukan di perairan Sulawesi dengan populasi terbesar di perairan Banggai Kepulauan.Ikan Capungan Banggai merupakan salah satu potensi ekonomi yang harus dikelola dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi masyarakat di masa sekarang dan masa yang akan datang. Saat ini penangkapan ikan Capungan Banggai merupakan salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat yang bermukim di Banggai Kepulauan. Tingginya permintaan ikan Capungan Banggai di pasar luar negeri telah menyebabkan masyarakat mengambil ikan Capungan Banggai dalam jumlah besar di habitat alam, hal ini akan apabila terus berlangsung akan menyebabkan ancaman kepunahan ikan Capungan Banggai. 

Tingginya tekanan penangkapan tidak hanya mengancam kelestarian ikan Capungan Banggai tetapi juga menyebabkan kerusakan habitat yang merupakan tempat hidup dan berkembang biak ikan Capungan Banggai. Tahun 2007 ikan Capungan Banggai pernah diusulkan untuk masuk dalam Appendik II CITES, namun Indonesia masih dapat mengantisipasi sehingga sampai dengan saat ini ikan Capungan Banggai tidak dimasukkan dalam Appendik II CITES. Apabila tidak dilakukan pengelolaan yang lebih baik bukan tidak mungkin di masa yang akan datang ikan Capungan Banggai dimasukkan dalam Appendik CITES. Pengelolaan yang lebih baik sangat diperlukan agar keberadaan dan kelestarian ikan Capungan Banggai masih tetap dapat dipertahankan dan masyarakat masih tetap dapat memanfaatkan dengan cara-cara yang ramah lingkungan dan tetap memperhatikan aspek kelestarian sumber daya ikan Capungan Banggai. 

Oleh karenanya kami yang tergabung dalam Kelonpok Peduli Lingkungan Katulistiwa Alam Lestari (KALI) dengan segala upaya bertekat melakukan penyelamatan dan pelestraian lingkungan dengan komitmen yang sungguh sungguh dan mengajak untuk mari menyelamatkan lingkungan kalau tidak dari sekarang kapan lagi ....!!!

0 komentar:

Posting Komentar